KETUA PRODI
KURIKULUM
VISI PROGRAM STUDI
Menjadi lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang arkeologi yang mampu mewujudkan lulusan berkualitas berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, adil, jujur, bermartabat, unggul, baik secara regional, nasional, dan internasional |
MISI PROGRAM STUDI
- Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian bidang arkeologi.
- Menghasilkan lulusan yang mampu dan terampil meneliti, mengkonservasi dan pemanfaatan benda/bangunan tinggalan arkeologi untuk kepentingan ilmiah dan masyarakat luas
- Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan hasil penelitian arkoelogi untuk kemajuan bangsa dan negara.
TUJUAN PROGRAM STUDI
- Menghasilkan sarjana arkeologi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan profesional dalam melaksanakan penelitian di bidang arkeologi.
- Menghasilkan sarjana arkeologi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan profesional di bidang arkeologi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
- Menghasilkan sarjana arkeologi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan profesional serta mampu meraih prestasi, memiliki komitmen yang tinggi, etos kerja yang tinggi, pantang menyerah, serta memiliki jiwa pengabdian untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI
Profil lulusan sarjana Arkeologi
Sarjana Ilmu Budaya yang mampu mengkaji ilmu arkeologi dan melakukan penelitian arkeologi sesuai dengan etika profesional.
Kompetensi Utama
- Mampu menjelaskan teori, konsep, cabang-cabang ilmu arkeologi sesuai dengan perkembangannya;
- Mampu mengidentifikasi sumber dan data arkeologi prasejarah, hindu-buddha, Islam, dan Kolonial;
- Mampu menyusun kajian arkeologi berlandaskan etika profesional dalam karya tulis ilmiah;
- Mampu melakukan penelitian arkeologi.
- Mampu menerapkan keilmuan arkeologi untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat luas.
Kompetensi Pendukung
- Mampu menganalisis gejala sosial budaya Indonesia dengan paradigma humaniora;
- Mampu menjelaskan kebudayaan Indonesia dalam konteks historis, pengaruh kebudayaam luar yang turut memperkaya kebudayaan Indonesia, serta persepsi masyrakat Indonesia tentang kebudayaan Indonesia;
- Mampu menguraikan ragam falsafah dan pemikiran modern;
- Mampu mengkaji prinsip-prinsip pelestarian dan pemanfaatan sumber daya arkeologi
- Mampu mengkaji epigrafi untuk penyusunan sejarah kuno Indonesia;
- Mampu mengkaji arkeologi sosial dan arkeologi lingkungan;
- mampu mengungkapkan gagasan akademik secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
- Mampu menerapkan metode penelitian bidang humaniora;
- Mampu menganalisis gejala sosial budaya dengan paradigma humaniora.
Kompetensi Lainnya
- Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingakat individual dan kelompok;
- Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non akademik;
- Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika;
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi.
- Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain.
SEBARAN MATA KULIAH PRODI ARKEOLOGI
FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS JAMBI BERDASARKAN SEMESTER TAHUN 2015
Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | Status | |||
SEMESTER I | ||||||
UNJ111 | Pendidikan Pancasila | 2 | WU | |||
UNJ112 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | WU | |||
UNJ113 | Bahasa Inggris | 2 | WU | |||
FIB111 | Masyarakat dan Kebudayaan Indonesia | 2 | WF | |||
FIB112 | Apresiasi bahasa, seni dan budaya melayu | 2 | WF | |||
ARK111 | Pengantar Arkeologi | 3 | WP | |||
ARK112 | Pengantar Epigrafi | 3 | WP | |||
ARK113 | Kepurbakalaan Indonesia A (Prasejarah) | 3 | WP | |||
Total SKS I | 19 | |||||
SEMESTER II | ||||||
UNJ121 | Pendidikan Agama | 3 | WU | |||
UNJ122 | Bahasa Indonesia | 2 | WU | |||
UNJ123 | Ilmu Alamiah Dasar | 3 | WU | |||
ARK121 | Pengantar Teori Arkeologi | 3 | WP | |||
ARK122 | Pengantar Manajemen Sumber Daya Arkeologi | 3 | WP | |||
ARK123 | Perkembangan agama di Nusantara | 3 | WP | |||
ARK124 | Kepurbakalaan Indonesia B (Klasik Hindu Budha) | 3 | WP | |||
ARK125 | Metode Arkeologi I (Pengumpulan Data) | 3 | WP | |||
Total SKS II | 23 | |||||
SEMESTER III | ||||||
FIB 131 | Sejarah Kebudayaan Melayu | 2 | WF | |||
FIB132 | Hukum Adat Melayu | 2 | WF | |||
FIB133 | Aksara arab melayu | 2 | WF | |||
ARK131 | Kerajaaan-kerajaan kuno di Sumatera | 3 | WP | |||
ARK132 | Manusia Purba | 3 | WP | |||
ARK133 | Kepurbakalaan Indonesia C (Islam-Kolonial) | 3 | WP | |||
ARK134 | Epigrafi Indonesia Kuno | 3 | WP | |||
ARK135 | Metode Arkeologi II (Pengolahan Data) | 3 | WP | |||
Total SKS III | 21 | |||||
SEMESTER IV | ||||||
ARK141 | Pengantar Filsafat dan Femikiran Modern | 3 | WP | |||
ARK142 | Dasar-Dasar Teori Dan Metode Penelitian Kebudayaan | 3 | WP | |||
ARK143 | Arkeologi Maritim Sumatra | 3 | WP | |||
ARK144 | Ikonografi | 3 | WP | |||
ARK145 | Arkeologi Pariwisata | 2 | WP | |||
ARK146 | Keramologi | 3 | WP | |||
ARK147 | Metode Arkeologi III (Penafsiran Data) | 3 | WP | |||
ARK148 | Aspek Hukum Dalam Cagar Budaya | 3 | WP | |||
Total SKS IV | 23 | |||||
SEMESTER V | ||||||
FIB151 | Kewirausahaan | 2 | WF | |||
ARK151 | Museologi | 3 | WP | |||
ARK152 | Pengelolaan Cagar Budaya | 3 | WP | |||
ARK153 | Praktikum Arkeologi Lapangan | 3 | WP | |||
ARK154 | Arsitektur Bangunan Tradisonal | 3 | WP | |||
ARK155 | Arkeologi Ekologi | 3 | WP | |||
ARK156 | Kepurbakalaan Sumtra A (Prasejarah-Klasik) | 3 | WP | |||
ARK157 | Pemukiman Dan Perkotaan Kuno | 3 | WP | |||
Total SKS V | 23 | |||||
SEMESTER VI | ||||||
FIB161 | Statistik | 3 | WF | |||
ARK161 | Sistim Informasi Arkeologi | 3 | WP | |||
ARK162 | Preservasi dan Konservasi Cagar Budaya | 3 | WP | |||
ARK163 | Kepurbakalaan Sumatra B (Islam-Kolonial) | 3 | WP | |||
ARK164 | Arkeologi Publik | 3 | WP | |||
ARK165 | Praktikum Arkeologi Laboratorium | 3 | WP | |||
ARK 166 | Arkeologi Melayu | 3 | WP | |||
ARK167 | Seni Rupa Prasejarah* | PL | ||||
ARK168 | Numismatik* | PL | ||||
Total SKS VI | 21 | |||||
SEMESTER VII | ||||||
ARK171 | Seminar Proposal Penelitian Arkeologi | 4 | WP | |||
ARK172 | Magang | 4 | WU | |||
Total SKS VII | 8 | |||||
SEMESTER VIII | ||||||
ARK 181 | Skripsi | 6 | WP | |||
Total SKS VIII | 6 | |||||
Total : 19+23+21+23+23+21+8+16 = | 144 | |||||
Note | ||||||
WJ | Wajib Universitas = 18 SKS | |||||
WF | Wajib Fakultas = 15 SKS | |||||
WP
* |
Wajib Prodi = 111 SKS
Mata kuliah pilihan = 2 SKS |
|||||
SKS | Minimum = 146 | |||||
DESKRIPSI MATA KULIAH
PROGRAM STUDI ARKEOLOGI
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS JAMBI
Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | Status
MK |
Deskripsi Mata Kuliah |
SEMESTER I | ||||
UNJ111 | Pendidikan Pancasila | 2 | WU | Pembahasan tentang kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, demokrasi, HAM dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangasa dan bernegara |
UNJ112 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | WU | Pembahasan tentang wawasan dan kesadaran bernegera, cinta tanah air yang bersendikan kebudayaan Indonesia melalui pengkajian pendahuluan bela negara, wawasan Nusantara, ketahanan nasional dan politik strategi nasional |
UNJ113 | Bahasa Inggris | 2 | WU | Mata kuliah bahasa inggris bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa inggris di lingkungan akademik. Mata kuliah ini bertujuan mengiaktifkan bahasa inggris mahasiswa sehingga mereka dapat berkomunikasi secara efektif dalam bahasa inggris, mengembangkan strategi dan keterampilan belajar yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi mereka dengan baik dan terus belajar bahasa inggris secara mandiri setelah mengikuti mata kuliah ini. Setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dapat
a. Menyimak, memahami dan mencatat informasi penting dalam sebuah kuliah yang panjangnya 5-10 menit; b. Meningkatkan kemampuan menyimak mereka melalui berbagai bahan menyimak dan prosedur yang berbeda; c. Berbicara dengan penuh percaya diri, mengajukan pertanyaan dan menyumbangkan pikiran dalam sebuah diskusi kelompok kecil; d. Menggunakan berbagai strategi membaca yang dibutuhkan untuk menjadi pembaca yang efektif; e. Meningkatkan keterampilan membaca mereka melalui kegiatan membaca ekstensif; f. Mengembangkan kemampuan menghubungkan ide-ide dengan menggunakan kata penghubung yang tepat; g. Bekerja sebagai anggota kelompok untuk menyiapkan dan memberikan sebuah presentasi yang berlangsung selama 25 menit dengan topik akademik dan memperhatikan organisasi, bahasa dan tampilan visual yang baik; h. Menulis rangkuman sebuah artikel akademi yang pendek; i. Menulis sebuah paragraph ekspositori; j. Menulis sebuah esei pendek. Bahan ajar untuk mata kuliah ini diambil dari berbagai buku bahasa inggris dan disampaikan dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Prinsip-prinsip belajar secara kolaborasi dan penggunaan metode pemecahan masalah menjadi bagian terintegrasi dalam mata kuliah ini. Mata kuliah ini untuk mahasiswa tahun pertama di prodi arkeologi. |
FIB111 | Masyarakat dan Kebudayaan Indonesia | 2 | WF | Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan . konsep dasar tentang manusia,sosialisasi, status,peran,hak dan kewajiban serta hubungan antara kelompok dalam masyarakat Indonesia yang mejemuk. Menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia baik bahasa,adat istiadat dan sejarah. |
FIB112 | Apresiasi Bahasa,Seni dan Budaya Melayu | 2 | WF | Pembahasan tentang struktur, bentuk, bunyi dan makna, wacana dalam bahasa Melayu, apresiasi seni dan budaya dalam berbagai karya seni dalam masyarakat Melayu. |
ARK111 | Pengantar Arkeologi | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini , mahasiswa memiliki kompetensi untuk dapat menjelaskan konsep dasar ilmu arkeologi. Materi yang diajarkan melingkupi pengertian-pengertian dasar di dalam arkeologi, jenis-jenis data arkeologi, hakekat data arkeologi, sejarah perkembangan teori arkeologi, pemikiran tokoh-tokoh arkeologi, kajian arkeologi dasar dan arkeologi terapan, tingkat-tingkat penelitian arkeologi, perkembangan arkeologi Indonesia, hukum dan perundang-undangan, serta lembaga-lembaga nasional dan internasional bidang arkeologi.Materi diberikan melalui presentasi dan diskusi dilakukan setiap akhir dua minggu pertemuan. Kuliah secara interaktif menggunakan metode question base learning dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis, tugas perorangan, dan diskusi.Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK112 | Pengantar Epigrafi | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan pengertian epigrafi sebagai bagian dari arkeologi, dan mempraktikkan perekaman data epigrafi secara verbal dan piktorial.Materi yang diajarkan melingkupi: (a) hakikat epigrafi dan data epigrafi; (b) lingkup epigrafi dan ilmu-ilmu bantu epigrafi; (c) peranan dan kegunaan epigrafi; (d) susunan isi epigrafi; (e) cara kerja epigrafi, analisis prasasti, penafsiran isi dan penggunaan data epigrafi sebagai data sejarah; (f) konservasi prasasti; (g) riwayat penyelidikan prasasti Indonesia; dan (h) epigrafi hindu-buddha, epigrafi Islam, epigrafi Kolonial, dan epigrafi cina.Materi diberikan melalui kuliah interaktif, penugasan dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis dalam bentuk esai, tugas berupa makalah, diskusi, dan praktik lapangan (musem).Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK113 | Kepurbakalaan Indonesia A (Prasejarah) | 3 | WP | Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan data arkeologi tidak tertulis, dengan menerapkan aktivitas belajar kuliah interaktif dan small group discussion. Ruang lingkup yang dibahas meliputi (1) bangunan, dan (2) situs. |
Total SKS I | 9 | |||
SEMESTER II | ||||
UNJ121 | Pendidikan Agama | 3 | WU | Pembahasan tentang ajaran agama yang diyakini dengan pemahaman yang baik terhadap ajaran tersebut dengan segala aktivitasnya yang dilakukan yang didasari dengan tuntunan agama tersebut |
UNJ122 | Bahasa Indonesia | 2 | WU | Mata kuliah ini meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia secara lisan maupun tertulsi untuk kebutuhan akademik yang memcakup kemahiran membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Materi yang diajarkan pada mata kuliah ini adalah jenis-jenis tulisan, bentuk-bentuk reproduksi naskah (ringkasan, ikhtisar, abstrak, sintesis), penyusunan laporan, materi-materi kebahasaan (ragam dan laras, ejaan, kalimat epektif, dan paragraf), penyusunan karya ilmiah, serta presentasi karya ilmiah. Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun sebuah tulisan ilmiah, yang sebelumnya dipresentasikan di kelas. Metode pengajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, diskusi, dan praktik. |
UNJ123 | Ilmu Alamiah Dasar | 3 | WU | Pembahasan tentang dasar dasar dan aspek-aspek ruang lingkup alam semesta serta hubungannya dengan kehidupan manusia sebagai penghuni alam semesta tersebut. |
ARK121 | Pengantar Teori Arkeologi | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kompetensi untuk dapat menjelaskan teori arkeologi dalam perspektif historis.Materi yang diajarkan melingkupi: (a) pengertian, fungsi, dan sifat-sifat teori; (b) perkembangan teori arkeologi di inggris, amerika, dan Indonesia sebagai latar belakang pemahaman teori; (c) kemunculan dan pengertian mengenai paradigma teori arkeologi tradisional; (d) kemunculan dan pengertian mengenai paradigma new archaeolog/arkeologi prosesual; (e) kemunculan dan pengertian mengenai paradigma teori arkeologi kognitif; (f) pengaruh pemikiran strukturalisme dan marxisme dalam arkeologi kognitif; (g) ciri-ciri pemikiran pasca prosesual; (h) kajian gender dalam arkeologi kognitif; dan (i) kedudukan arkeologi dalam dunia pasca modern. |
ARK122 | Pengantar Manajemen Sumber Daya Arkeologi | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kompetensi untuk dapat menjelaskan konsep dasar manajemen sumber daya budaya, hukum dan perundang-undangan nasional dan internasional yang terkait dengan sumber daya budaya, serta manajemen sumber daya budaya di berbagai negara.
Materi yang disampaikan melingkupi pegertian dasar pelestraian; konsep dasar pelestarian cagar budaya daratan dan bawah air; pelestarian cagar budaya bergerak dan tak bergerak, serta pelestarian bangunan mati dan bangunan hidup; warisan budaya dunia, kerjasama antarlembaga dan antarnegara, dan hukum dan perundang-undangan terkait cagar budaya. Materi diberikan melalui presentasi dan diskusi. Kuliah secara interaktif menggunakan metode question base learning dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis, tugas perorangan, tugas dan presentasi kelompok. Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK123 | Perkembangan Agama di Nusantara | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk menjelaskan perkembangan agama hindu-buddha di india secara singkat, termasuk perkembangan filsafat dan sekte-sekte dari agama hindu dan buddha. Selanjutnya mahasiswa mampu menjelaskan masuknya pengaruh agama hindu-buddha ke wilayah Nusantara, selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu mengidentifkikasi peninggalan kebudayaan agama hindu-buddha yanga ada di Nusantara, baik yang berupa candi maupun arca. Terakhir mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan unsur-unsur ikonografis dari arca-arca dewa-dewa hindu dan buddha yang ditemukan di Nusantara. Pengetahuan yang disampaikan meliputi sejarah perkembangan agama hindu dan buddha di india secara singkat, masuk dan berkembangnya agama hindu buddha ke wilayah Nusantara serta peninggalan-peninggalan kebudayaan hindu buddha yang ada di Nusantara. Selain itu, mahaisiswa juga akan mempelajari kehadiran Islamisasi di Indonesia, sejarah Kristen dan ke Kristenan di Indonesia, berbagai aliran/sekte dalam agama Islam dan Kristen, serta berbagai paham atau aliran reformasi dalam agama Islam dan Kristen.
Materi yang diberikan berisi tentang: (a) kehadiran agama Islam di Indonesia; teori-teori tentang kedatangan Islam di Indonesia; (b) datangnya Islam, Islamisasi, dan berdirinya kerajaan bercorak Islam; (c) aliran/sekte dalam agama Islam, Islam tradisional dan Islam modern di Indonesia, serta reformasi dalam agama Islam; (d) konsep gereja, Kristen sebagai pengetahuan, sejarah gereja dan peristiwa penting penyebab perpecahan gereja, gereja lama dan gereja baru, gereja barat dan gereja timur, serta reformasi gereja dan kontra reformasi; (e) semangat masuknya Kristen di Nusantara, misi dan zending; (f) bentuk-bentuk ke Kristenan di Nusantara; (g) gereja dan komunitas kristiani di Nusantara; (h) gereja dan kehidupan sosial budaya. Metode pengajaran adalah metode penugasan dan diskusi interaktif. Prasyarat : mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib program studi arkeologi dan tidak ada prasyarat |
ARK124 | Kepurbakalaan Indonesia B (Klasik Hindu-Budha) | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan bermacam peninggalan arkeologi dari masa hindu-buddha (klasik) di Indonesia (abad ke-415 m), serta mamu mengasosiasikan artefak-artefak tersebut dengan perkembangan sejarah politik dan sejarah kebudayaan di Indonesia, terutama dari era klasik.Materi yang diberikan melingkupi (a) periodisasi masa hindu-buddha di Indonesia; (b) masuknya kebudayaan india di asia tenggara dan kepulauan Indonesia; (c) bukti-bukti awal pengaruh budaya india; (d) agama veda & hindu-saiva dan perkembangannya; (e) agama budha mahayana dan perkembangannya; (f) ikonografi hindu-buddha; (g) gaya seni arca masa klasik di Indonesia; (h) arsitektur candi, petilasan, pintu gerbang, dan goa pertapaan; (i) makna bangunan candi dalam masyarakat hindu-buddha; (j) relief (hias & naratif) sebagai ornamen; (k) candi dan sistem kerajaan; dan (l) kesenambungan kesenian hindu-buddha dalam masa perkembangan Islam di Indonesia.Materi diberikan melalui kuliah di kela tertutup dan terbuka, berdiskusi, kunjungan ke museum dan atau situs klasik. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, tugas (laporan bacaan dan makalah) perorangan dan kelompok.Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK125 | Metode Arkeologi I (Pengumpulan Data) | 3 | WP | Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan pembagian data-data arkeologi, serta penjabaran bentuk-bentuknya pada kegiatan di lapangan yang terdiri dari; artefak, ekofak, fitur,situs dan kawasan. Dalam proses pembelajaran cara-cara pengumpulan data arkeologi mahasiswa juga akan memahami survei, observasi, potografi arkeologi, sebagai bagian dari pengumpulan data. Pembelajaran kelas akan dipraktekan secara kongkrit di lapangan, baik secara individu maupun kelompok. Tidak ada prasyarat dalam mata kuliah ini. |
Total SKS II | 23 |
SEMESTER III | ||||
FIB 131 | Sejarah Kebudayaan Melayu | 2 | WF | Pembahasan tentang sejarah kebudayaan Melayu, meliputi fase-fase sejarah Melayu, ciri fase fase tersebut dalam sejarah Melayu, termasuk karakteristik budaya Melayu dalam setiap fase tersebut. |
FIB132 | Hukum Adat Melayu | 2 | WF | Pembahasan tentang dasar-dasar dan aspek-aspek hukum adat melayu,serta ruang lingkup alam semesta dan hubungannya dengan kehidupan manusia dalam hukum adat sebagai penghuni alam semesta. |
FIB133 | Aksara Arab Melayu | 3 | WF | Pembahasan tentang aksara Arab Melayu, meliputi pembahasan; sejarah aksara, kaidah penulisan aksara berdasarkan struktur, bentuk dan makna aksara. |
ARK131 | Kerajaan-Kerajaan Kuno di Sumatera
Metode Arkeologi III (Penafsiran Data) |
3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu manjelaskan perkembangan kerajaan-kerajaan kuno di sumatra secara kronologis, sehingga dapat menempatkan secara tepat artefak-artefak arkeologi yang dijumpai di dalam penelitian arkeologi, dan juga dapat menempatkan temuan prasasti pada konteksnya. Pada dasarnya pengetahuan mengenai kerajaan-kerajaan kuno ini merupakan dasar pengetahuan bagi penelitian-penelitian artefak arkeologi masa klasik dan Islam.
Materi yang diberikan berisi pengetahuan tentang kerajaan-kerajaan kuno yang pernah berkembang di Indonesia pada abad ke 4-5 masehi hingga abad ke-19 masehi yaitu sejak masa klasik (hindu-buddha) sampai dengan masa Islam. Selain itu, diberikan pula dinamika politik, sosial, ekonomi serta keagamaan yang terjadi disetiap masa tersebut
|
ARK132 | Manusia Purba | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan pengetahuan mengenai kehidupan manusia purba pada masa prasejarah di Indonesia,
Mata kuliah ini berisi tentang: (a) konsep teori evolusi, migrasi manusia purba, Austronesia (b) hakikat, pengertian prasejarah, tujuan, ruang lingkup, dan kedudukan ilmu prasejarah dalam studi arkeologi; (c) bentuk-bentuk data prasejarah; (d) keadaan lingkungan zaman pleistosen dan holosen; (e) jenis-jenis manusia purba; (f) kehidupan sosial dan religi serta perkembangan teknologi masyarakat berburu dan meramu tingkat sederhana, tingkat lanjut bercocok tanam, serta perundagian, dan (g) tradisi prasejarah yang berlanjut Materi diberikan melalui kuliah secara interaktif, presentasi kelompok, dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis dan tugas perorangan. Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK133 | Kepurbakalaan Indonesia C (Islam-Kolonial) | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu untuk menjelaskan secara lisan dan tulis, sumber data arkeologi dari periode Islam dan Kolonial. Di dalamnya tercakup kemampuan mengemukakan pengertian dan konsep dasar data arkeologi dari periode Islam dan Kolonial, persebaran data dan wujudnya, serta pendapat atau tulisan para ahli tentang data arkeologi dari periode tersebut.
Materi yang diberikan berisi uraian materi pengetahuan mengenai sumber data arkeologi khususnya dari periode Islam dan Kolonial. Di dalamnya tercakup uraian tentang pengertian dan konsep dasar dari data arkeologi dari periode Islam dan Kolonial, persebaran data dan wujudnya seperti masjid, makam, istana, gereja, benteng, kelenteng, dan bangunan pemerintahan lainnya; serta pendapat atau tulisan para ahli tentang data arkeologi dari periode tersebut. Materi diberikan melalui kuliah dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, tugas dan diskusi/ presentasi. |
ARK134 | Epigrafi Indonesia
Kuno |
3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan mampu menjelaskan isi prasasti berbahasa sanskerta, jawa kuna, melayu kuna, dan sunda kuna yang ada dii Nusantara, serta mampu menganalisis berbagai aspek kehidupan masyarakat Nusantara abad 7-15 m. Materi yang dibahas melingkupi (a) isi prasasti-prasasti berbahasa sanskerta yang ditemukan di Indonesia; (b) isi prasasti-prasasti berbahasa jawa kuna; (c) isi prasasti-prasasti berbahasa melayu kuna; (d) isi prasasti-prasasti sunda kuna; serta (e) aspek-aspek sosial, politik, ekonomi dan agama masyarakat Nusantara abad 7-15 m berdasarkan data prasasti.
Materi diberikan melalui kuliah interaktif, diskusi, dan presentasi individu. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis esai, dan presentasi makalah. Prasyarat : telah lulus atau mengikuti semua mata kuliah wajib, (kecuali kajian arkeologii komprehensif, dan skripsi), serta mata kuliah paleografi Indonesia kuno. |
ARK135 | Metode Arkeologi II | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan teori, serta teknik-teknik penelitian dan analisis yang berkenaan dengan pengumpulan data arkeologi. Selain itu, diharapkan pula mahasiswa mampu menerapkan metode analisis data arkeologi.Materi yang diajarkan melingkupi: (a) proses pembentukan data-data arkeologi dan faktor-faktor yang mempengaruhi; (b) analisis arkeologi yang berkaitan dengan dimensi bentuk; (c) analisis arkeologi yang berkaitan dengan dimensi waktu; (d) analisis arkeologi yang berkaitan dengan dimensi ruang; (e) analisis khusus dan analisis konteks; (f) analisis artefak; (g) analisis fitur; dan (h) analisis ekofak.Materi diberikan melalui kuliah secara interaktif, latihan soal, dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis, tugas perorangan, diskusi, dan praktik.Prasyarat : telah lulus mata kuliah metode arkeologi I. |
Total SKS III | 22 | |||
SEMESTER IV | ||||
ARK141 | Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern | 3 | WF | Mata kuliah penganatar filsafat dan pemikiran modern (PFPM) ini membahas tentang apa itu filsafat (barat), dimulai dari filsafat yunani. Mata kuliah ini selanjutnya membahas tentang sistematika filsafat atau filsafat sistematik yang di dalamnya tedapat ontologi, metafisika, menynangkut keberadaan/realitas, epistemologi, tentang cara berpengetahuan, dan axiologi, yaitu tentang nilai yang terdapat dalam wilayah etika dan estetika. Mata kuliah ini juga membahas metode-metode filsafat dalam perbandingannya dengan metode ilmiah dalam ilmu pengetahuan, yang diharapkan memberi pengantar dan menjadi dasar pemikiran di berbagai bidang terutama ilmu pengetahuan. Selanjutnya, mata kuliah ini membahas periodesasi filsafat, yang berisi persoalan zaman dan semangat zaman dalam menyelesaikan persoalan tersebut pada masing-masing periode, yang salah satunya adalah periode modern.
Dalam periode modern diuraikan berbagai pemikiran modern yang dianggap sebagai dasar kemajuan suatu peradaban melalui penggunaan rasio/akal, di antaranya di bidang ilmu pengetahuan, sosial, politik, dan budaya, sekaligus juga dibahas kritik terhadap pemikiran modern melalui pemikiran posmodern. Sebagai penyeimbangnya dalam mata kuliah ini dibahas juga filsafat/pemikiran timur dan pengaruh pemikiran barat modern pada berbagai wilayah timur: Turki, India, Cina, Jepang, dan Indonesia, melalui proses modernisasi di masing-masing negara, dan mengerucut pada pemikiran modern dan modernisasi Indonesia, melalui pemikiran tokoh-tokoh pemikir Indonesia Membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan penelitian bidang arkeologi secara kualitatif. (disesuaikan dengan prodi lain di FIB). |
ARK142 | Dasar-Dasar Teori dan Metode Penelitian Kebudayaan | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu memahami dasar-dasar teori dan metode penelitian kebudayaan mengidentifikasi data dan sumber data arkeologi. mampu menjelaskan konsep dan metode pengumpulan data arkeologi, serta mampu melaksanakan perekaman data arkeologi secara verbal maupun piktorial. Materi diberikan melalui kuliah secara interaktif menggunakan question base learning, latihan soal, diskusi kelompok, praktik kelas, dan praktik lapangan. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis/essay tugas dan pr, dan praktik lapangan.Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK143 | Arkeologi Maritim Sumatra | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan berbagai jenis data arkeologi maritim, dan potensinya masing-masing untuk memberi informasi masa lampau.
Materi yang diberikan dalam mata kuliah ini mencakup (a) sejarah perkembangan arkeologi maritim dan kekhususan-kekhususannya; (b) metode penelitian arkeologi maritim; (c) teknologi arkeologi maritim; (d) perkembangan teknologi transportasi air; (e) analisis kapal dan muatan kapal; serta (f) perlindungan cagar budaya bawah air. Materi diberikan melalui kuliah dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, tugas, dan diskusi. |
ARK144 | Ikonografi | 3 | WP | Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa akan memahami pengertian dan ruang lingkup ikonografi, hindu dan budha. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman pada bagian-bagian arca beserta atributnya. Matakuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan data arkeologi tidak tertulis,dengan penerapan aktivitas belajar kuliah interaktif dan small group discussion. Ruang lingkup yang dibahas meliputi ikonografi (arca,relief dan objek lain sebagai sasaran pemujaan).
|
ARK145 | Arkeologi Pariwisata
Praktikum Arkeologi Lapangan |
3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan memahami pengertian dan penjabaran teori serta konsep pariwisata secara umum. Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari konsep perencanaan, pembentukan, pengelolaan, dan pengembangan sumber daya arkeologi menjadi objek wisata. Selain itu, mahaiswa dituntut untuk memahami objek benda cagar budaya yang dijadikan objek pariwisata, serrta persoalan dan studi kasus yang timbul akibat wisata. Mata kuliah ini didukung kuliah lapangan untuk memperdalam pemahaman tentang konsep arkeologi paiwisata.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan untuk menerapkan teori dan metode pada data arkeologi dasar, dengan menerapkan aktivitas belajar discovery learning dan project based learning.Ruang lingkup yang dibahas meliputi pokok bahasan tentang praktikum arkeologi. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kuliah ini adalah bahasa Indonesia. Prasarat telah lulus atau pernah mengikuti metode arkeologi I. |
ARK146 | Keramologi | 3 | WP | Setalah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan memahami menganai pengertian dan ruanglingkup keramologi, serta penjabaran keramologi; earthenwear, stonewhear, dan porselin. Pembelajaran tingkat lanjut, mahaiswa akan mendalami kajian keramologi dalam bentuk analisis morfologi, teknik, bahan, dan motif hias. Praktk pembuatan keramik dilakukan pada akhir perkuliahan sebagai pemantapan materi keramologi.
|
ARK147 | Metode Arkeologi III | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan konsep, teori dasar, dan teknik-teknik penafsiran data arkeologi, serta mampu menerapkan metode penafsiran data arkeologi.
Materi yang diajarkan meliputi: (a) penalaran induktif dan deduktif dalam penelitian arkeologi; (b) prosedur dan tahap-tahap penelitian arkeologi berdasarkan suatu rancangan penelitian; (c) pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian arkeologi; (d) penafsiran dengan menggunakan middle-range theory yang mencakup etnoarkeologi, eksperimen terkontrol dan etnohistori (catatan sejarah); (e) analogi sebagai alat penafsiran data arkeologi; (f) penafsiran data arkeologi dengan mengunakan kerangka sejarah kebudayaan; (g) penafsiran data arkeologi dengan menggunakan kerangka arkeologi prosesual; (h) penafsiran data arkeologi dengan mengunakan kerangka arkeologi pasca prosesual. Materi diberikan melalui kuliah secara interaktif, latihan soal, dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis, tugas perorangan, presentasi dan diskusi.Prasyarat : mata kuliah ini dapat diikuti setelah lulus mata kuliah metode arkeologi II. |
ARK148 | Aspek Hukum Dalam Cagar Budaya | Mata kuliah ini menekankan kepada pemahaman mahasiswa tradap undang-undang cagar budaya serta peratiran lain/PP, PERDA, maupun konvensi internasional terkait dengan cagar budaya, pelestraian, perlindungan, dan pemanfataanya. Mata kuliah ini akan memntapkan pesertadidik dalam pemahaman dan penerapan keilmuan arkeologi di lapangan dan di masyarakat luas. | ||
Total SKS IV | 24 | |||
SEMESTER V | ||||
FIB151 | Metode Penelitian Kuantitatif | 3 | WF | Membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk meneliti bidang arkeologi secara kuantitatif. (disesuaikan dengan prodi lain di FIB). |
FIB152 | Kewirausahaan | 2 | WF | Membahas tentang konsep teoritis kewirausahaan, proses kewirausahaan, fungsi dan model peran wirausaha, ide dan peluang dalam kewirausahaan sampai dengan analisis dan studi kelayakan usaha serta teknis penerapannya dalam dunia bisnis khususnya yang berhubungan dengan sentra kegiatan dalam menunjang dunia parawisata yang dikaitkan dengan situs kepurbakalaan dan pertunjukan serta ruang lingkupnya. |
ARK151 | Museologi | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep-konsep dasar museum, dan peran museum bagi masyarakat. Materi yang diajarkan melingkupi: (a) konsep dasar museum dan museologi; (b) kewajiban museum dalam menangani dan mengamankan koleksi, yang sesuai dengan kode etik museum; (c) pengelolaan museum di Indonesia; dan (d) pemasaran museum bagi pengunjung dan sebagai media pendidikan. Materi diberikan melalui kuliah interaktif dan diskusi kelompok. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, dan tugas perorangan, presentasi kelompok. |
ARK152 | Pengelolaan Cagar Budaya | 3 | WP | Setelah Mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep dasar cagar budaya, mampu mengidentifikasi potensi nilai cagar budaya, dan mampu menjelaskan prinsip-prinsip pelestarian dan pemanfaatannya. Mata kuliah ini memuat khasanah pengetahuan tentang dua aspek pokok dari cagar budaya yang saling berhubungan, yaitu pelestarian dan pemanfaatan. pokok bahasan yang dibahas meliputi (1) pengetahuan tentang konsep-konsep dasar cagar budaya, (2) prinsi-prinsip pelestarian dan pemanfaatan sebagaimana termuat dalam dokumen perundang-undangan nasional dan konkonvensi-konvensi Internasional, di samping itu dibahas permasalahan dampak pemanfaatan cagar budaya untuk tujuan-tujuan ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, pariwisata, dan kebudayaan, baik yang bersifat positif maupun negatif.
Materi diberikan melalui kuliah dan diskusi, asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, diskusi, dan tugas. |
ARK153 | Praktikum Arkeologi
Laboratorium |
3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis sumber bahan artefak dan ekofak, menganalisis berbagai sumber bahan artefak dan ekofak, serta membuat uraian hasil analisis.
Materi yang dibahas meliputi pokok bahasan tentang praktikum arkeologi laboratorium, materi diberikan melalui kuliah,diskusi,latihan/praktik.Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian praktik, ujian tertulis, dan tugas.Prasyarat : mata kuliah ini dapat diikuti setelah lulus mata kuliah metode arkeologi I dan metode arkeologi II. |
ARK154 | Arkeologi Ekologi | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan konsep-konsep ekologi untuk penalaran arkeologi, pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia di masa lalu, serta bentuk-bentuk hasil interaksi manusia denga lingkungannya.
Materi yang diberikan dalam mata kuliah ini mencakup (a) kosep-konsep ekologi untuk penalaran arkeologi: evolusi dan adaptasi; (b) pendekatan dalam kajian arkeologi-ekologi dan ilmu-ilmu bantunya: tafonomi, zooarchaeology, paleobotani, geologi, sedimentologi, palinologi; (c) bentuk-bentuk ekosistem darat (pesisir, dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan); (d) interaksi manusia dan lingkungan: teknologi dan sistem pengetahuan: serta (e) pemanfaatan flora dan fauna oleh manusia (perkakas, staple food, bangunan, transport). Materi diberikan melalui kuliah, dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, tugas, dan presentasi. |
ARK155 | Kepurbakalaan Sumatra A (Prasejarah-Klasik) | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu memaparkan jenis dan bentuk tinggalan budaya dari masa prasejarah di sumatra
Materi yang diajarkan melingkupi (a) manusia purba Indonesia dan kedudukannya dalam evolusi manusia; (b) budaya prasejarah dalam konteks waktu geologi; (c) alat-alat batu jaman prasejarah; (d) alat-alat tulang jaman prasejarah; (e) tembikar prasejarah; (f) megalitik; (g) lukisan prasejarah; dan (h) benda-benda logam masa prasejarah. Materi diberikan melalui kuliah dan diskusi.
Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, responsi, tugas (laporan bacaan dan makalah) perorangan dan kelompok. Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
ARK156 | Pemukiman dan Perkotaan Kuno | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan menjelaskan arsitektur bangunan umum di Indonesia masa Islam, Kolonial, dan Cina.
Mata kuliah ini berisi tentang (a) konsep dasar data arkeologi berupa arsitektur bangunan dari masa Islam, Kolonial, dan Cina; (b) wujud dan jenis data arkeologi Islam, Kolonial, dan Cina; serta (c) pendapat ahli tentang data mutakhir bangunan masa Islam, Kolonial, dan Cina. Materi diberikan melalui kuliah dan diskusi. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, tugas, dan diskusi. Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini. |
Total SKS V | 23 | |||
SEMESTER VI | ||||
FIB161 | Statistik | 2 | WF | Membekali mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya yang membutuhkan analisis kuantitatif dan kualitatif konsep dasar statistika sebagai ilmu, kedudukan dan manfaat statistik dalam kegiatan penelitian. |
ARK162 | Manusia dan Masyarakat Indonesia | 3 | WP | Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan (a) konsep dasar tentang manusia,sosialisasi, status, peran, hak, kewajiban(b)hubungan antara kelompok dalam masyarakat Indonesia yang mejemuk (c) sikap menghargai keberagaman suku bangsa Indonesia lain dalam kontek global. |
ARK161 | Sistim Informasi Arkeologi | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan teori, konsep, prosedur, metode, dan teknik penggamabaran data arkeologi, baik dalam bentuk, sketsa, gambar 2D, 3D, serta pemetaan dengan menggunakan Geografis Information System/GIS, dan menerapkannya dalam peneltian arkeologi. Mata kuliah ini menunjang keahlianpeserta didik untuk siap bersaing dalam dunia kerja professional arkeologi.
Materi diberikan melalui simulasi, diskusi kelompok, dan praktik lapangan. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, praktik, dan tugas kelompok. |
ARK162 | Preservasi dan Konservasi Cagar Budaya | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep preservasi dan konservasi cagar budaya, mampu mengidentifikasi potensi nilai cagar budaya, dan mampu menjelaskan prinsip-prinsip pelestarian dan pemanfaatannya. Mata kuliah ini memuat khasanah pengetahuan tentang dua aspek pokok dari cagar budaya yang saling berhubungan, yaitu pelestarian dan pemanfaatan. Pokok bahasan yang dibahas meliputi (1) pengetahuan tentang konsep-konsep dasar cagar budaya, (2) prinsi-prinsip pelestarian dan pemanfaatan sebagaimana termuat dalam dokumen perundang-undangan nasional dan konkonvensi-konvensi internasional. Di samping itu, dibahas permasalahan dampak pemanfaatan cagar budaya untuk tujuan-tujuan ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, pariwisata, dan kebudayaan, baik yang bersifat positif maupun negatif.
Materi diberikan melalui kuliah dan diskusi asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, diskusi, dan tugas. |
ARK163 | Kepubakalaan Sumatra B (Islam-Kolonial) | 3 | WP | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan bermacam peninggalan arkeologi dari masa Islam (klasik) di Indonesia (abad ke-1315 m), serta mengasosiasikan artefak-artefak tersebut dengan perkembangan sejarah politik dan sejarah kebudayaan di Indonesia, terutama dari era klasik. Materi yang diberikan melingkupi (a) periodisasi masa Islam di Indonesia; (b) masuknya kebudayaan Islam di asia tenggara dan kepulauan Indonesia; (c) bukti-bukti awal pengaruh budaya; (d) agama Islam dan perkembangannya; (e) agama Kristen dan perkembangannya; (f) Materi diberikan melalui kuliah, berdiskusi, kunjungan ke museum dan atau situs klasik. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, tugas (laporan bacaan dan makalah) perorangan dan kelompok.
Prasyarat : tidak ada prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini |
Total SKS VI | 14 | |||
SEMESTER VII | ||||
ARK171 | Arkeologi Publik | 3 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan konsep arkeologi publik, mengidentifikasi persepsi publik tentang studi arkeologi, dan memberikan pemahaman kepada publik tentang data arkeologi dan pelestariannya. Mata kuliah ini memuat tentang (a) definisi, konsep, dan contoh kasus kajian arkeologi public; (b) survei arkeologi dan interaksi dengan masyarakat untuk mengetahui persepsi mereka tentang studi arkeologi; serta memproduksi berbagai media komunikasi baik cetak maupun elektronik tentang obyek studi arkeologi. Materi diberikan melalui kuliah secara interaktif menggunakan contextual instruction, diskusi kelompok, dan praktik lapangan. Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis/essay, tugas, dan praktik lapangan. |
ARK172 | Proposal Penelitian Arkeologi | 4 | WP | .Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan arkeologi dalam proposal penelitian arkeologi, dengan menerapkan aktivitas belajar small group discussion dan problem based learning.Ruang lingkupnya yang dibahas meliputi proposal penelitian arkeologi. |
ARK173 | Mata Kuliah Seminar | 3 | WP | Penyiapan dan pelaksanaan seminar dengan penekanan pada seminar proposal skripsi mahasiswa sehingga mahasiswa siap melaksanakan penelitian untuk penulisan sekripsinya. |
Total SKS VII | 10 | |||
SEMESTER VIII | ||||
UNJ 181 | Magang | 4 | WF | Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan keterampilan keilmuannya melalui magang dengan instansi terkait, yaitu BPCB, Balai Arkeologi dan Museum. |
ARK181 | Skripsi | 6 | WP | Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan melaksanakan penelitian arkeologi dengan topik tertentu, serta menyusun hasil penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah (skripsi).Materi yang dibahas mencakup penelitian arkeologi dengan topik tertentu, dan karya tulis ilmiah hasil penelitian skripsi.Materi diberikan melalui konsultasi dengan pembimbing, kerja mandiri, penelitian kepustakaan,dan lapangan. Ruang lingkup yang dibahas meliputi (a) pendahuluan,(b) tinjauan pustaka, (c) metode, (d) analisis dan(e) kesimpulan Asesmen/evaluasi dilakukan melalui ujian tulis oleh para pembaca skripsi. Dan ujian lisan pada sidang ujian skripsi.
Prasyarat : telah lulus semua mata kuliah wajib , serta telah memperoleh sekurang-kurangnya 134 sks. |
Total SKS VIII | 10 | |||